makalah Ilmu Budaya Dasar

“Ilmu Budaya Dasar”







Nama    : Ferlita Septiana
NPM     : 14214173
Kelas    : 1ea25 





Kata Pengantar

    Puji syukur kami panjatkan kehadiran Allah SWT. Yang telah melimpahkan rahmat dan kepada penyusun dapat menyelesaikan makalah ini tepat waktunya.
     Dalam kesempatan ini, penyusun mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak-pihak yang telah membantu.
      Penyusun menyadari bahwa penulisan makalah ini jauh lebih dari kata sempurna. Dengan demikian penyusun mengharapkan kritikan dan saran yang membangun bagi penyusun nantinya . semoga ini dapat bermanfaat bagi penyusun dan para pembaca.


                                                                               Penyusun


                                                                             Ferlita Septiana








I

DAFTAR ISI
Kata pengantar………………………………………………..… I
Daftar isi……………………………………………………..…. II
BAB I Pendahuluan
1.1 latar belakang……………………………………………..… 1
1.2 rumusan masalah…………………………………………..... 1
BAB II Pembahasan
1.Pengertian Ilmu budaya dasar………………………………… 2
2.Tujuan ilmu budaya dasar …………………………………..... 5
3.Ruang lingkup ilmu budaya dasar……..……………………… 5
4.Contoh kasus ilmu budaya dasar ……………………………... 6
BAB III Penutup
3.1kesimpulan……………………………………………….….. 8
3.2Saran…………………………………………………...….… 8
Daftar Pustaka…………………………………………………... 9









II

BAB I
PENDAHULUAN
1.1           Latar Belakang

Ilmu budaya dasar adalah kebudayaan yang kita temui sehari –hari dan juga berkaitan dengan norma –norma atau aturan – aturan  bisa juga mengenai suatu kebudayaan tertentu.
Karena kita harus mengenal ilmu dan budaya kita sendiri . biasanya kebudayaan yang baru atau modern mempengaruhi kehidupan masyarakat luas pada zaman sekarang ini . sebenarnya boleh mengikuti perkembangan zaman tapi kita juga tidak boleh melupakan kebudayaan yang kita miliki dan harus kita tetap jaga dan terapkan ke dalam kehidupan sehari – hari . contohnya seperti hormat kepada orang yang lebih tua dan sebagainya.


1.2           Rumusan Masalah

1.     Apa yang dimaksud dengan ilmu budaya dasar ?
2.     Apa tujuan dari ilmu budaya dasar ?
3.     Bagaimana ruang lingkup mengenai ilmu budaya dasar ?
4.     Bagaimana contoh kasus ilmu budaya dasar dalam kehidupan sehari – hari ?







1

BAB II
PEMBAHASAN

1.    Pengertian ilmu budaya dasar

Ilmu budaya dasar tentu berbeda dengan pengetahuan budaya. Pengetahuan budaya disini yaitu mengkaji manusia sebagai mahluk berbudaya dalam masalah nilai-nilai manusia (homo humanus).Sedangkan ilmu budaya dasar adalah pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Menurut Prof Dr. Harsya Bactiar mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar yaitu :
1. Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince )
Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi. Hasil penelitian 100% benar dan 100% salah. Yang termasuk kelompok ilmu-ilmu alamiah antara lain astronomi, fisika, kimia, biologi, kedokteran, mekanika.
2. Ilmu-ilmu Sosial ( social scince )
Ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100% benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia ini tidak dapat berubah dari saat ke saat. Yang termasuk kelompok ilmu-ilmu sosial antara lain ilmu ekonomi, sosiologi, politik, demografi, antropologi sosial, sosiologi hukum, dan sebagainya.
3. Pengetahuan Budaya ( the humanities )
Pengetahuan Budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.

2

Pengetahuan budaya (the humanities) dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup keahlian (disiplin) seni dan filsafat. Keahlian inipun dapat dibagi-bagi lagi ke dalam berbagai hiding keahlian lain, seperti seni tari, seni rupa, seni musik,dan lain-lain. Sedangkan ilmu budaya dasar (Basic Humanities) adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan perkataan lain, Ilmu Budaya Dasar menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan budaya untuk mengembangkan wawasan pemikiran serta kepekaan dalam mengkaji masalah masalah manusia dan kebudayaan.
Ilmu Budaya Dasar berbeda dengan pengetahuan budaya. Ilmu budaya dasar dalam bahasa Inggris disebut basic humanities. Pengetahuan budaya dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah the humanities. Pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai mahluk berbudaya (homo humanus). Sedangkan ilmu budaya dasar bukan ilmu tentang budaya, melainkan mengenai pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan budaya.

Ilmu Budaya Dasar menurut para ahli :

1.)Menurut Herskovits, ilmu budaya dasar adalah sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic.

2.)Menurut Andreas Eppink, ilmu budaya dasar adalah keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

3.)Menurut Edward Burnett Tylor, ilmu budaya dasar adalah keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.


3

4.)Selo Sumarjan dan Soelaeman soemardi merumuskan kebudayaan sebagai semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat

5.)Menurut Sutan Takdir Alisyahbana, kebudayaan adalah manifestasi dari cara berfikir

6.)Menurut Krober dan Kluckhon, kebudayaan terdiri atas berbagai pola, bertingkah laku mantap, pikiran, perasaan dan reaksi yang diperoleh dan terutama diturunkan oleh symbol-simbol yang menyusun pencapaiannya secara tersendiri dari kelompok-kelompok manusia, termasuk didalamnya perwujudan benda-benda materi, pusat esensi kebudayaan terdiri atas tradisi dan cita-cita atau paham, dan terutama keterikatan terhadap nilai-nilai. Ilmu Budaya Dasar memiliki perbedaan dengan Pengetahuan Budaya. Mungkin secara penulisan tidak beda jauh, tetapi secara pengertian bisa berbeda. Ilmu Budaya Dasar adalah pengertian umum tentang konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dengan budaya. Sedangkan pengetahuan budaya adalah yang mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai makhluk berbudaya.

7.)Menurut Koentjaraningrat, kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, milik diri manusia dengan belajar.

8.)Menurut Bronislaw Malinowski, Kebudayaan adalah keseluruhan kehidupan manusia yang integral yang terdiri dari berbagai peralatan dan barang-barang konsumen, berbagai peraturan untuk kehidupan masyarakat, ide-ide dan hasil karya manusia, keyakinan dan kebiasaan manusia.

9.)R. Linton dalam bukunya yang berjudul The Cultural background of personality menyatakan bahwa kebudayaan adalah konfigurasi dari sebuah tingkah laku dan hasil laku, yang unsur-unsur pembentuknya didukung serta diteruskan oleh anggota masyarakat tertentu .







4

2.    Tujuan Ilmu Budaya Dasar

Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Ilmu budaya dasar adalah suatu ILMU yang mempelajari tentang dasar-dasar Kebudayaan, Dan Budaya memang merupakan salah satu jiwa dari nilai-nilai yang ada di masyarakat
Jika diperinci maka tujuan pengajaran ilmu budaya dasar itu adalah :
1.     Menimbulkan minat untuk mendalaminya.
2.     Lebih peka dan terbuka terhadap masalah kemanusiaan dan budaya, serta lebih bertanggung jawab terhadap masalah-masalah tersebut.
3.     Mengusahakan kepekaan terhadap nilai-nilai lain untuk lebih mudah menyesuaikan diri.
4.     Menyadarkan kita  terhadap nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat, hormat menghormati serta simpati pada nilai-nilai yang hidup pada masyarakat.
Dengan ringkas dapat disebutkan bahwa tujuan IBD adalah :
Perlunya Melakukan pembentukan pemikiran yang khususnya berkenaan dengan kebudayaan dan kemanusiaan,agar daya tanggap, persepsi dan penalaran berkenaan dengan lingkungan budaya dapat diperluas.


3.    Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar

Bertitik tolak dari kerangka tujuan yagn telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD. Kedua masalah pokok itu adalah :

1).Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun


5

secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya
2.)Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
Menilik kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesama, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi tema sentral dalam IBD. Pokok-pokok bahasan yang dikembangkan adalah:
1.Manusia dan cinta kasih
2.Manusia dan Keindahan
3.Manusia dan Penderitaan
4.Manusia dan Keadilan
5.Manusia dan Pandangan hidup
6.Manusia dan tanggungjawab serta pengabdian
7.Manusia dan kegelisahan
8.Manusia dan harapan

Kedelapan pokok bahasan itu termasuk dalam karya-karya yang tercakup dalam pengetahuan budaya. Perwujudan mengenai cinta, misalnya, terdapat dalam karya sastra, tarian, musik, filsafat, lukisan, patung dan sebagainya.


3.    Contoh kasus ilmu budaya dasar dalam kehidupan sehari – hari

Contoh kecilnya adalah komunikasi antar keluarga, pergaulan kita terhadap teman, yang mungkin kita dapat mengetahui bagaimana kita dapat memahami sifat dan karakteristik setiap orang. Begitupun dalam bermasyarakat, dalam interaksi kita harus memahami norma- norma dalam masyarakat agar tercipta keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat.





6

Contohnya :
1.)berpamitan kepada orang tua
          Budaya kita salah satunya adalah biasanya sebelum pergi pamitan terlebih dahulu kepada orang tua atau juga dengan cara mencium tangan orang tua kita . tapi sepertinya hal seperti itu sudah jarang di lakukan oleh kebanyakan orang terutama anak – anak muda . memang kenapa ? bukannnya bagus kita berpamitan dulu kepada kedua orang tua kita agar orang tua kita juga tau kemana kita akan pergi dan juga tidak membuatnya khawatir . atau juga dapat berpamitan terlebih dahulu kepada orang rumah.

2.)saling menyapa
          Orang kita di kenal sebagai orang yang ramah dan suka menyapa satu sama lain . dan sepertinya sampai sekarang kebiasaan kita bertemu dengan orang lain yang kita kenal saling menyapa atau paling tidak kita memberikan senyuman kepada orang itu . dan itu sudah menjadi kebudayaan atau ciri khas .yang sampai sekarang masih banyak dilakukan oleh banyak orang.

3.)demam k-pop
          Sudah beberapa tahun ini memang demam k-pop melanda di Indonesia mulai dari boyband atau girlband nya dan juga sampai drama koreanya .demam k-pop juga di sukai oleh banyak orang mulai dari kalangan anak muda sampai dewasa. Karena lagi zaman demam k-pop dan juga sedang trend , tak heran banyak juga yang akhirnya meramaikan dunia music dengan membuat boyband atau girlband juga.
         


7

BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
          ilmu budaya dasar adalah pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Dan ilmu budaya dasar mempunyai tujuan yaitu salah satunya untuk Menyadarkan kita  terhadap nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat, hormat menghormati serta simpati pada nilai-nilai yang hidup pada masyarakat . dan juga ilmu budaya dasar mempunyai ruang lingkup yang berdasarkan 2 aspek yaitu berbagai aspek kehidupan dan juga hakikat manusia yang satu atau universal.
Biasanya kita dapat menerapkan contoh dalam ilmu budaya dasar dalam kehidupan senari – hari . kita bisa ambil contoh nya kita harus bersikap sopan dan hormat terhadap orang yang lebih tua dari kita .


3.2 saran
          Walaupun sekarang banyak masuk kebudayaan baru dan mengikuti perkembangannya. Tetapi kita juga tidak boleh melupakan kebudayaan kita sendiri dan harus tetap di jaga .

         








8

DAFTAR PUSTAKA

      













9

Komentar